Unik, Menarik, Life Style, Tips SEO Blogspot

Selasa, 23 Agustus 2011

Perbedaan Blogspot dan WordPress lengkap

Ari Software - Perbedaan Blogspot dan WordPress lengkap,
Banyak hal yang membedakan antara Blogspot.com dan Worpress.org (custom domain). Hal tersebut gue rasakan secara langsung ketika menggunakan kedua media Blog tersebut. Bahkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang terlihat sangat mencolok. Penasaran?  Yuuk..kita intip sama-sama. 

WordPress vs Blogspot - Ari SOftware


1. Template

Untuk template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS (new template). Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan template GRATISAN yang sama banyak.
2. Plugins
Hal lainnya yang membedakan diantara keduanya adalah masalah dukungan Plugins. WordPress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. Lihat saja akan keberadaan plugins Akismet yang serta-merta akan langsung memblokir keberadaan komentar yang dianggap SPAM. Ditambah lagi dengan adanya Plugins SEO Pack yang sudah tentu akan membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com, hampir semuanya dilakukan secara manual. Untuk komentar SPAM, mungkin bisa diakali melalui proses moderasi terlebih dahulu. Namun untuk SEO? Yaa..harus diutak-atik sendiri templatenya, xixixi… 
3. Custom Domain
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.
Sebenernya ada sih web yang menyediakan hostingan GRATIS, namun fiturnya tidak selengkap hosting berbayar dan bandwidthnya pun sangat dibatasi. Tapi…keuntungan yang akan didapat jika menggunakan hosting berbayar adalah soal kenyamanan. Jika menggunakan hosting berbayar, kita bebas melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan dibanned oleh Blogspot maupun WordPress karena melanggar TOS yang telah dibuat. Selain itu, Blog kita pun lebih terlihat profesional.
4. Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit lebih ribet.
Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.
Eitz..untuk pengguna WordPress jangan langsung berkecil hati WordPress juga memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur bila dibandingkan dengan Blogspot. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah adanya fitur edit komentar. Jadi, komentar yang masuk di postingan kita bisa di edit sesuka hati, contohnya saja komentar yang berisi link maupun SPAM. Selain itu, fitur yang ditawarkan WordPress pada saat menulis postingan juga lebih lengkap bila dibandingkan dengan Blogspot. Hmmm…ada lagi nih, form komentar pada WordPress juga lebih user friendly. Sedangkan pada Blogspot, cenderung sedikit agak ribet (bagi pemula).
Oke, itu aja yang gue tau. Jika masih terdapat perbedaan di antara keduanya dan belum sempat gue bahas, tolong di share yah disini. Saling berbagi aja. Oh..ia, postingan ini sama sekali gak bermaksud untuk memecah belah ke dua kubu (Blogspot dan WordPress), lha wong saya menggunakan keduanya kok, hehehehe… 
Dan perlu diingat, kedua media Blog tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, sekarang semua tergantung dari pilihan Anda, mau pilih Blogspot atau WordPress.

Wah wah koq tiba saya kepikiran mana yang bagusan Blogspot atau WordPress abis baca ini ya ?
Description: Perbedaan Blogspot dan WordPress lengkap
Rating: 5.0
Reviewer: Admin - Sc Zone
ItemReviewed: Perbedaan Blogspot dan WordPress lengkap
Jumlah Voting : 99 Orang

12 Respons:

  1. infonya bagus Sob :D Emplatenya juga bagus Kok

    BalasHapus
  2. Karna saya newbie untuk saat ini saya ingin memperdalam blogspot dulu sob... tapi suatu saat WP pasti akan saya coba karna katanya WP lebih banyak menggunakan cara2 instan dengan plugin2 nya.

    Salam Sahabat
    http://www.merdiyanse7.com/

    BalasHapus
  3. Bener banget neyh artikelnya ... WP memang banyak menyiapkan plugin instant ... bahkan seperti yang dikatakan disini adalah All for one SEOnya ... keep posting ya ri ... mantap ...!!

    BalasHapus
  4. sebelumnya saya pernah update itu mas tapi di facebook,memang dua-duanya sangat kuat pertahanannya alias 50 : 50 hehe

    BalasHapus
  5. great to meet you ari-software.blogspot.com blogger found your site via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramatically increase traffic to your site http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my site. Hope this helps :) They offer backlink solutions seo keyword backlinks google backlinks Take care. John

    BalasHapus
  6. Hey guys - just wanted to share this cool shred guitar lesson video I found - http://www.amazinglicks.com

    BalasHapus
  7. Heya this іs kind of of off topic but I
    wаs wаnting tο knοω if blogs use WYSIWYG
    editors or if you have tо mаnuallу codе with HTML.
    Ι'm starting a blog soon but have no coding know-how so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

    Also visit my homepage ... http://sodomievideo.biz/tags/extrait-baby-sitter

    BalasHapus

© 2011 Ari Software | All in one, AllRightsReserved.

Designed by Ari Software